Universitasku, Universitas Gadjah Mada…

Theresia Natalia – Fakultas Hukum UGM – 09/281800/HK/18040
Kehidupan muda adalah kehidupan yang sarat akan warna, sarat akan pengetahuan, dan pengalaman. Begitu banyak hal-hal indah yang dapat kita lakukan di saat kita masih muda. Bersosialisasi dengan berbagai macam orang dari mana pun. Berkreasi sesuai dengan kreatifitasyang kita miliki. Mengejar cita-cita dan membangun mimpi demi masa depan. Seorang muda haruslah memiliki fondasi yang kuat dalam segala hal terutama pendidikan agar dapat menopang segala keinginannya yang besar demi kepuasan di masa yang akan datang. Semuanya itu dapat ditempuh dengan jalan mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi yaitu Perguruan Tinggi, yang jamaknya dikenal dengan sebutan Universitas.
Dewasa ini pun pilihan akan universitas bermutu yang dapat menunjang pendidikan generasi muda sudah sangat banyak. Mulai dari institut, sekolah tinggi dan universitas itu sendiri. Tinggal kita, sebagai orang muda yang ingin mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya, yang memilih universitas yang mana dan seperti apa yang kira-kira cocok bagi kita dan dapat menunjang pendidikan kita ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Tidak hanya rupa universitas saja yang berbeda-beda, tapi juga universitas terbagi dalam kategori universitas swasta dan negeri. Terkadang ada pengakuan yang lebih bergengsi atas universitas negeri dibanding universitas swasta. Sebut saja di Indonesia. Perguruan tinggi negeri atau universitas negeri lebih “dipandang” bergengsi dibanding universitas swasta. Contohnya Universitas Gadjah Mada.
Universitas Gadjah Mada yang kerap dikenal dengan sebutan UGM atau GaMa ini telah didirikan sejak tanggal 19 Desember 1949 di saat jaman kemerdekaan Republik Indonesia. Universitas Gadjah Mada ini terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan termasuk universitas negeri tertua di Indonesia. Dengan mengusung semangat perjuangan dan patriotism, Universitas Gadjah Mada memiliki tujuan untuk melahirkan pemuda pemudi yang cakap dan tangguh dalam belajar dan dapat berprestasi sehingga dapat mengamalkan ilmunya tersebut ke dalam kehidupan bermasyarakat.
Sebagai lembaga institusi pendidikan, Universitas Gadjah Mada hadir sebagai institusi yang menawarkan lingkungan belajar yang kondusif bagi para mahasiswanya. Dengan tujuan sebagai salah satu fasilitas yang memungkinkan bagi para mahasiswa untuk dapat melakukan kegiatan akademik dengan baik. Universitas Gadjah Mada berperan dalam lingkungan belajar secara fisik, edukatif, sosial dan hayati.
Peran Universitas Gadjah Mada sebagai lingkungan belajar bagi mahasiswanya secara fisik adalah sebagai institusi bagi para generasi muda yang ingin menimba ilmu. Dimana Universitas Gadjah Mada menjadi tempat bagi para siswa untuk melakukan kegiatan belajar dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Menjadi sarana dan prasarana bagi para kaum muda untuk berlomba-lomba mengejar prestasi. Tempat bagi para kaum muda yang ingin berhasil dan sukses di kemudian hari. Tempat berkumpulnya mahasiswa-mahasiswa pilihan yang diharapkan dapat menjadi lulusan yang membanggakan dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Ditilik dalam perannya secara edukatif, Universitas Gadjah Mada merupakan suatu lembaga yang memungkinkan bagi para mahasiswanya untuk mendapatkan ilmu-ilmu yang mereka kejar demi pencapaian kesuksesan serta menjadi tempat bagi kelangsungan belajar mengajar di jenjang yang lebih tinggi. Tidak hanya dalam kegiatan akademik, tapi juga dalam kegiatan non akademik juga ditawarkan dalam pendidikan di Universitas Gadjah Mada sesuai dengan minat dan bakat dari setiap mahasiswa. Agar para mahasiswa tidak hanya kaya akan pendidikan akademik tetapi juga memiliki keterampilan di bidang non akademik. Yang akhirnya bisa dijadikan sebagai nilai tambahan tersendiri bagi setiap mahasiswa di dalam mencari pekerjaan setelah lulus.
Peran Universitas Gadjah Mada tidak hanya secara fisik yang menjadi tempat untuk memfasilitasi para mahasiswa yang menginginkan pendidikan yang lebih tinggi dan sebagai lembaga edukatif saja, tetapi Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai lingkungan belajar secara sosial. Para mahasiswa dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan berbagai kalangan dan berbagai macam suku. Karena mengingat Universitas Gadjah Mada membuka peluang bagi siapa saja untuk bisa masuk ke dalam bagian Universitas Gadjah Mada berdasarkan test yang diadakan. Sehingga semua mahasiswa yang diterima pun beragam. Dengan beragamnya mahasiswa yang masuk ke Universitas Gadjah Mada, maka makin tingginya pemahaman serta tenggang rasa antar mahasiswa dengan hasil dapat menjaga kerukunan mahasiswa yang satu dengan yang lain di lingkungan Universitas Gadjah Mada.
Terakhir, peran Universitas Gadjah Mada sebagai lingkungan belajar yaitu dari segi hayati. Para mahasiswa pun diajak dan dihimbau untuk selalu menjaga lingkungan belajar Universitas Gadjah Mada untuk selalu asri, nyaman serta aman demi menunjang kelancaran dari kelangsungan proses belajar mengajar. Dengan adanya kesadaran akan perlunya lingkungan belajar yang nyaman dan aman, setiap mahasiswa pun menjadi peka dan mencintai lingkungan belajar di setiap area perkuliahan. Dan sebagai hasil akhirnya para mahasiswa pun dapat belajar untuk selalu menjaga lingkungan di sekitarnya. Tidak hanya di perkuliahan di Universitas Gadjah Mada saja tapi juga lingkungan dimana ia berada.

Komentar