PENGALAMAN PPSMB SUSULAN SELAMA 3 HARI

PPSMB adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Universitas dalam penerimaan mahasiswa angkatan baru yang telah diterima di Universitas Gadjah Mada, kegiatan yang diadakan dalam jangka waktu 3 hari ini bisanya hanya diadakan pada akhir bulan agustus. Kegiatan PPSM wajib hukumnya diikuti oleh setiap mahasiswa angkatan baru yang masuk ke UGM, yang selain mendapatkan pembelajaran cara-cara sukses dalam menghadapi perkuliahan ke depannya juga mengenalkan kepada mahasiswa baru tentang ke-UGM-an dan juga dapat memberitahu mahasiswa baru seputar kehidupan kampus, seperti perkenalan dosen yang akan mengajar di fakultasnya, perkenalan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang merupakan sarana pengembangan minat mahasiswa dan sebagainya.

Faktor-faktor diatas bukan merupakan satu-satunya hal yang membuat mahasiswa harus mengikuti PPSMB, karena setelah mengikuti PPSMB semua mahasiswa akan mendapatkan sertifikat yang mendadakan mahasiswa bersangkutan tersebut telah mengikutu dan lulus dalam PPSMB. Sertifikat yang diberikan oleh PPSMB juga merupakan salah satu syarat dalam kelengkapan mengikutu yudisium, dan karena hal tersebut maka bagi mahasiswa baru yang belum mengikuti PPSMB diwajibkan untuk mengikuti PPSMB susulan yang pada tahun 2010 ini diadakan pada tanggal 16-18 Januari.

Saya merupakan salah satu mahasiswa yang belum mengikuti PPSMB dan langsung mendaftar PPSMB susulan setelah mengetahui pengumuman akan diadakannya PPSMB susulan. Pada tanggal 16 Januari 2010, yang bertepatan dengan hari Sabtu saya yang merupakan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Budaya mengikuti PPSMB susulan ini pada hari pertama dan mendapatkan pengetahuan tentang UGM dan mendapatkan motivasi-motivasi untuk pembelajaran yang baik bagi mahasiswa dari beberapa dosen yang berasal dari UGM.

Pada tanggal 17 Januari 2010, saya mendapatkan juga motivasi-motivasi untuk pembelajaran yang lebih baik serta pengenalan diri agar menjadi individu yang lebih baik lagi, selain itu saya juga mulai mendapatkan banyak teman-teman dari berbagai fakultas yang berbeda-beda, dari hal tersebut saya dapat belajar untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru serta banyak individu-individu baru yang lain.

Hari terakhir PPSMB adalah tanggal 18 January 2010, disini saya lebih banyak mengenal tentang UGM serta letak-letak gedung dari berbagai fakultas ataupun rektorat yang belum saya ketahui sebelumnya. Hari terakhir ppsmb juga membuat saya lebih mengenal teman-teman saya selama ppsmb berlangsung, kedekatan itu makin terasa setelah mengikuti permainan-permainan yang telah dibuat oleh panitia ppsmb susulan.



RATNAKANYA NITYA H

08/267928/SA/14357

Komentar