Bedah Buku Takhta Awan


Yogyakarta, 13 Agustus 2011. Bedah Buku Takhta Awan bersama penulisnya, Sinta Yudisia. Sekitar pukul 13.30 peserta mulai berdatangan di lokasi acara. Bertempat di selasar selatan Masjid Kampus UGM, acara ini dimulai dengan pembukaan MC dan dilanjutkan dengan pelantunan ayat suci Al-Quran. Sebelum acara dimulai, panitia sempat pasrah dengan keadaan karena listrik mati. Alhamdulillah, sesaat setelah acaranya dibuka listrik kembali menyala.
Selepas pembacaan ayat suci al-quran, MC pun langsung menyerahkan acara kepada moderator yang akan memandu bedah buku. Bersama dengan Akh Imin, sang moderator, acara ini pun berjalan cukup meriah. Dengan kegokilan candanya, peserta bedah buku beberapa kali mengeluarkan tawanya.
Dalam bedah buku ini, Sinta Yudisia menampilkan slide powerpoin. Sinta memulainya dengan cerita mengenai tokoh dalam novel satu, The Road To The Empire, yakni Takudar Khan. Sinta juga menyentil peserta dengan beberapa pertanyaan mengenai tokoh islam yang punya pengaruh besar dalam perjuangan. Namun, kebanyakan peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa ini tidak bisa menjawab pertanyaan dari Sinta Yudisia.
Pemaparan mengenai kisah Takudar Khan ini pun diakhiri Sinta dengan sebuah pesan bahwa setiap orang besar senantiasa ada seorang penasehat spiritual. Pesan ini pun disambung oleh Akh Imin dengan sebuah pernyataan dibalik sesosok pria hebat ada perempuan kuat yang menyokongnya. Peserta pun dibuat tertawa dengan penyampaiannya yang gokil.
Acara pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Banyak peserta yang ingin mengajukan pertanyaan. Namun, karena waktu yang terbatas, moderator hanya memberikan kesempatan kepada beberapa orang saja. Dalam sesi ini, 3 orang bertanya hal yang sama yakni cara mendapatkan referensi dan literatur. Hal ini muncul dimungkinkan dari cerita Sinta Yudisia yang menggebu mengenai sosok bernama Takudar Khan yang notabene kebanyakan peserta tidak mengetahui tokoh ini. Sesi tanya jawab berjalan sangat cepat. Antusias peserta tidak berhenti hanya sampai di situ karena setelahnya masih dilanjutkan dengan pembagian doorprize dari Lingkar Pena Publishing House (LPPH) dan foto bersama Sinta Yudisia.
Alhamdulillah, acara pun diakhiri sekitar pukul 14.40 WIB. Bazaar buku yang diselenggarakan pun dikunjungi oleh peserta bedah buku di akhir acara. Namun, kebanyakan peserta menanyakan buku satu, The Road to The Empire. Ucapan terima kasih pun terhatur kepada panitia Ramadhan FLP Yogykarta dan teman-teman panitia Ramadhan di Kampus Masjid Kampus UGM 1432 H. Selain itu, juga ada LPPH yang memberikan sponsor untuk acara bedah buku ini. [angga kusuma]

Komentar